ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN(STUDI PADA PERAWAT DI INSTALASI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT X)

OKTAVIAN, ARTHA FERNINDA (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PELAKSANAAN KESELAMATAN PASIEN(STUDI PADA PERAWAT DI INSTALASI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT X). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220005_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-31600.html

Abstract

Keselamatan pasien merupakan suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman. Perawat memiliki peranan penting dalam memberikan asuhan kepada pasien. Rumah Sakit X merupakan Rumah Sakit yang sudah menerapkan sistem keselamatan pasien, namun pada tahun 2021 masih terdapat insiden keselamatan pasien. Insiden keselamatan pasien terbanyak terdapat pada poli jantung dikarenakan poli jantung memiliki total kunjungan terbanyak yaitu sebanyak 16.831 total kunjungan pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini menganalisis faktor yang memengaruhi pelaksanaan keselamatan pasien di Rumah Sakit X. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi survei analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi Perawat yang pernah melakukan perawatan pasien di Instalasi Poli Jantung Rumah Sakit X yang berjumlah 17 orang. Metode yang digunakan sampling total. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner. Analisis data dengan uji statistik regresi logistic biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan (pr=7.000), sikap (pr=7.000), beban kerja (pr=6.500), dan supervisi (pr=6.500) keseluruhan sudah baik. Kesimpulannya dari penelitian ini menunjukan hasil bahwa ada pengaruh dari pengetahuan, sikap, beban kerja, dan supervisi terhadap pelaksanaan keselamatan pasien. Saran untuk Rumah Sakit X perlu mempertahankan dan meningkatkan faktor-faktor yang memengaruhi keselamatan pasien yang sudah baik dengan mengadakan pelatihan pegawai serta melakukan rapat evaluasi bersama terkait pelaksanaan keselamatan pasien di Rumah Sakit X.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetianto, BudhiNIDN0703117604budhisetianto@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keselamatan pasien, Perawat, dan Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:54
Last Modified: 17 Jan 2024 03:05
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item