PURWATI, ANIK (2014) TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG TERAPI ZINC PADA ANAK BALITA YANG MENDERITA DIARE DI PUSKESMAS KETABANG SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT-KP-140057_abstract.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Zinc (Zn) memberikan efek yang positif terhadap penyembuhan diare,tetapi untuk menerapkan zinc sangat rendah untuk dilakukan kebanyakan orang tua masih memberikan oralit,sedangkan pemberian zinc belum nampak dilakukan.Tujuan penelitian ini mengetahui Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Terapi Zinc Pada Anak Balita Yang Menderita Diare Di Puskesmas Ketabang Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desain Deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan bangun Cross-Sectional. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah yaitu 20 ibu. Teknik pengambilan sampel accudental sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data diolah dengan cara editing, coding, scoring, tabulating. Analisa yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagaian kecil (10%) memiliki pengetahuan baik dan (20%) memiliki pengetahuan cukup, sebagaian besar memiliki tingkat pengetahuan kurang (70%) tentang terapi zinc serta manfaat zinc dalam penanganan diare pada anak balita. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan orang tua tentang terapi zinc pada anak balita yang menderita diare sebagian besar adalah kurang. Diharapkan tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada orang tua dengan ditingkatkannya akses informasi kepada pasien pengunjung puskesmas, serta pertolongan pertama diare dengan pemberian tabel zinc.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan, zinc, diare |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 03:17 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 03:17 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |