PENETAPAN ANTIOKSIDAN DAN SENYAWA FLAVONOD DARI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH DENGAN METODE DPPH (2.2-difenil-1-pikrilhidrazil)

WULANDARI, WIDI AGUSTIN (2022) PENETAPAN ANTIOKSIDAN DAN SENYAWA FLAVONOD DARI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH DENGAN METODE DPPH (2.2-difenil-1-pikrilhidrazil). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-NK-230056_Abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-35347.html

Abstract

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) diketahui memiliki kandungan aktivitas antioksidan yang tinggi dan sudah sering dimanfaatkan masyarakat salah satunya untuk mengobati penyakit seperti batuk dan radang rektum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kadar flavonoid total dan aktivitas antioksidan dari sampel ekstrak etanol daun belimbing wuluh yang telah difraksinasi menggunakan nheksana. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah ekstraksi daun belimbing wuluh dengan metode maserasi dengan etanol 70% selanjutnya sampel difraksinasi dengan nheksana 95% untuk memisahkan komponen-komponen senyawa aktif dari ekstrak yang telah dihasilkan, ekstrak etanol daun belimbing wuluh fraksi nheksana dilakukan perhitungan total kadar flavonoid dengan Spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 230 nm dan uji aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dengan Spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 515 nm. Hasil penelitian diperoleh kadar flavonoid total dari ekstrak sebesar 3,75% dan hasil aktivitas antioksidan diperoleh nilai IC50 6,58 yang menandakan sampel ekstrak etanol daun belimbing wuluh fraksi nheksan memiliki kandungan aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Hasil analisa statistik dengan uji Kruskal Walis didapatkan nilai sig >0,05 yang berarti tidak ada perbedaan hasil yang nyata pada setiap perlakuan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ekstrak etanol daun belimbing wuluh fraksi nheksana memiliki kandungan flavonoid dengan kadar yang tinggi dan memiliki tingkat antioksidan yang sangat kuat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNidianti, Ersalina0705019201ersalinanidianti@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Daun Belimbing wuluh, Flavonoid, Antioksidan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Health Analyst
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:32
Last Modified: 16 Jan 2024 04:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item