GAMBARAN TINGKAT PENERAPAN BUDAYA K3 DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN SAFETY CULTURE MATURITY MODEL (STUDI KASUS PADA DIVISI KAPAL NIAGA)

ARIFIN, MUHAMMAD IQBAL RIDHO MAULANA (2022) GAMBARAN TINGKAT PENERAPAN BUDAYA K3 DI PT. PAL INDONESIA (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN SAFETY CULTURE MATURITY MODEL (STUDI KASUS PADA DIVISI KAPAL NIAGA). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220058_abstract.pdf

Download (514kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32461.html

Abstract

Budaya K3 dapat menjadi faktor kontribusi untuk mencapai produktivitas dan zero accident. Tanpa budaya keselamatan pada diri pekerja, sebaik apapun sistem atau struktur yang dirancang dan juga secanggih apapun alat pengaman tidak ada berfungsi akibat hal yang mendasari manusia untuk berperilaku. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi gambaran tingkat kematangan budaya K3 dengan menggunakan SCNM (Safety Culture Maturity Model). Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan seluruh pekerja tetap Divisi Kapal Niaga di PT. PAL Indonesia (Persero) berjumlah 173 orang. Jumlah sampel seluruh pekerja berjumlah 34 orang menggunakan metode non probability sampling. Variabel penelitian ini adalah 10 komponen SCNM. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner yang bertumpu pada SCMM (Safety Culture Maturity Model). Hasil penelitian menunjukkan komponen management, commitment and visibility menunjukkan nilai 2,82, communication nilai 3,12, productivity versus safety nilai 3,94, learning organization nilai 4,44, safety resources nilai 3,26, participation nilai 4,12, shared perceptions about safety nilai 4,88, trust nilai 3,88, industrial relation and job satisfaction nilai 4,38, dan training nilai 3,70. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan tingkat kematangan budaya K3 di PT. PAL Indonesia (Persero) memiliki nilai rata-rata akhir 3,85 berada pada tingkat involving. Saran yang diberikan adalah meningkatkan tingkat budaya K3 dengan cara evaluasi pemenuhan target kunjungan manajemen ke lapangan, mengevaluasi media K3, mengevaluasi pemenuhan safety patrol atau kunjungan tim K3LH ke tempat indoor.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSahri, Moch.0702058601sahrimoses@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Budaya K3, tingkat kematangan, Safety Culture Maturity Model.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:15
Last Modified: 16 Jan 2024 06:15
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item