HUBUNGAN POSISI DAN LAMA DUDUK SAAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA MAHASISWA FK UNUSA ANGKATAN 2018, 2019, DAN 2020

SHAFIRA, ADELA (2022) HUBUNGAN POSISI DAN LAMA DUDUK SAAT PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEJADIAN LOW BACK PAIN PADA MAHASISWA FK UNUSA ANGKATAN 2018, 2019, DAN 2020. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-DR-220025_abstract.pdf

Download (569kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-31674.html

Abstract

Latar Belakang : Low Back Pain (LBP) merupakan suatu masalah kesehatan yang ditandai dengan timbulnya perasaan nyeri yang dirasakan pada punggung bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki. Berdasarkan The Global Burden of Disease 2010 Study dalam jurnal yang ditulis Patrianingrum pada tahun 2015, dari 291 penyakit yang telah diteliti, nyeri pungguh bawah merupakan penyebab terbanyak terhadap kecacatan global berdasarkan pengukuran Years Lived with Disability (YLD) dan keluhan nyeri pada punggung bawah menempati peringkat keenam dari total beban secara keseluruhan berdasarkan DALY (the Disability Adjusted Life Year) (Patrianingrum dkk., 2015). Melalui surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dikti No. 1 tahun 2020, pemerintah telah memberlakukan larangan kepada perguruan tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka atau konvensional dan memerintahkan untuk menyelenggarakan perkuliahan atau pembelajaran secara daring. Metode pembelajaran daring menyebabkan penurunan mobilitas dan aktivitas fisik dari mahasiswa dan dapat memicu timbulnya keluhan LBP (Sadikin & Hamidah, 2020) Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara posisi duduk dengan LBP saat pembelajaran daring dan hubungan antara lama duduk dengan LBP saat pembelajaran daring pada mahasiswa FK UNUSA angkatan 2018, 2019, dan 2020. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional dengan menggunakan sampel sebanyak 150 responden yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Analisis data yang dilakukan terhadap tiap variabel yaitu menggunakan descriptive statistic pada software statistic. Untuk menganalisis data antara variabel posisi duduk dengan LBP menggunakan uji chi square dan uji fisher’s exact digunakan dalam menganalisis variabel lama duduk dengan LBP. Hasil : Hasil Uji statistik chi square pada variabel posisi duduk dan LBP menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,194 (P>0,05) yang dapat diartikan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dua variabel tersebut. Hasil uji statistik fisher’s exact pada variabel lama duduk dan LBP menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,480 (P>0,05) yang dapat diartikan bahwa dua variabel tersebut juga tidak emmiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara posisi duduk dan lama duduk saat pembelajaran daring dengan kejadian LBP pada mahasiswa FK UNUSA angkatan 2018, 2019, dan 2020.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAisyah, AisyahNIDN0728097401aisyah.dr@unusa.ac.id
Thesis advisorBhayusakti, AdityaNIDN0731127304dr.aditya@unusa.ac.id
Thesis advisorWinarningsih, WiwikNIDN0709026201dr.wiwik@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Low Back Pain, Posisi Duduk, Lama Duduk, Pembelajaran Daring.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Program Study of Medicine
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:50
Last Modified: 16 Jan 2024 07:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item View Item