HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENYAJIAN MAKANAN (STUDI DI RUANG ISOLASI COVID-19 RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A. YANI)

ROMADLONI, PUTRI ROHMA (2022) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENYAJIAN MAKANAN (STUDI DI RUANG ISOLASI COVID-19 RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A. YANI). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220066_abstract.pdf

Download (860kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32544.html

Abstract

Melonjaknya kasus Covid-19 menjadikan tantangan tersendiri bagi pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit dalam menerima pasien Covid-19, sehingga hal ini mengakibatkan rumah sakit collapse dan kewalahan untuk memberikan pelayanan yang baik, maka diperlukan kecepatan penanganan dan ketepatan pemberian gizi bagi pasien Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien (usia, jenis kelamin, dan lama hari rawat) dengan tingkat kepuasan penyajian makanan di ruang isolasi Covid-19 Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Penelitian ini merupakan penelitian analitik pendekatan kuantitatif rancangan cross sectional dengan sumber data sekunder yang didapatkan dari unit gizi Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Sampel penelitian ini berdasarkan perhitungan rumus slovin dan finit didapatkan 63 sampel dari total populasi 147 dengan pengambilan Simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square untuk melihat distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pasien berdasarkan usia didapatkan hampir setengahnya 27% pada kategori dewasa awal 22-35 tahun, sebagian besar 54% jenis kelamin perempuan, dan sebagian besar 65,1% lama hari rawat ≤5 hari. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara karakteristik pasien (usia, jenis kelamin, dan lama hari rawat) dengan tingkat kepuasan penyajian makanan di ruang isolasi Covid-19 Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Saran yang direkomendasikan adalah diharapkan petugas kesehatan berorientasi dan mengoptimalkan pada kepuasan pasien.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetianto, Budhi0703117604budhisetianto@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pasien, Kepuasan Pasien, Penyajian Makanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:10
Last Modified: 16 Jan 2024 07:10
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10181

Actions (login required)

View Item View Item