ABDILLAH, MUHAMMAD ZAHID (2022) GAMBARAN SARANA SANITASI KESEHATAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR DESA KUCUR KABUPATEN MALANG. [Undergraduate Thesis]
PDF
SR-KM-220070_abstract.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sarana sanitasi merupakan komponen terpenting dalam pemeliharaan kebersihan dan kesehatan sekolah. Menurut buku Pedoman Pengembangan Sanitasi 2018, terdapat 5 sarana sekolah yang berpengaruh terhadap sanitasi sekolah, yaitu akses air bersih, jamban sekolah, akses Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), akses pengolahan limbah cair, dan akses pengelolaan sampah. Berdasarkan data Profil Sanitasi Sekolah tahun 2020 menyatakan bahwa hanya 1 dari 4 Sekolah Dasar (SD) yang memiliki semua layanan akses sanitasi dasar. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan seluruh sarana sanitasi yang ada di Sekolah Dasar (SD) desa Kucur kabupaten Malang yang berdasarkan pada buku Pedoman Pengembangan Sanitasi 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan dengan deskriptif. Data dari penelitian ini yakni data primer yang dkumpulkan dengan 2 teknik pengumpulan data, yaitu indepth interview dengan informan yang dipilih secara purposive sampling dan observasi di Sekolah Dasar (SD) desa Kucur kabupaten Malang. Hasil penelitian ini yakni terdapat sebagian besar Sekolah Dasar (SD) desa Kucur kabupaten Malang telah memenuhi standar disetiap sarana sanitasi, namun terdapat 2 sarana dari seluruh Sekolah Dasar (SD) desa Kucur kabupaten Malang yang belum memenuhi standar sarana sanitasi.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesehatan Lingkungan, Sanitasi, Sekolah Dasar | ||||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine | ||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Program Study of Public Health | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Adit | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:40 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:40 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10189 |
Actions (login required)
View Item |