PENGARUH PEMBERIAN TERAPI RELAKSASI BENSON KOMBINASI ZIKIR BERBASIS SELF CARE OREM TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNGPANGKAH GRESIK

JANNAH, ZAHROTUL (2023) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI RELAKSASI BENSON KOMBINASI ZIKIR BERBASIS SELF CARE OREM TERHADAP KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNGPANGKAH GRESIK. Masters thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.

[img] PDF
TS-MK-230006_abstract.pdf

Download (545kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-36225.html

Abstract

Penderita diabetes mellitus mengalami hiperglikemia, semakin tinggi kemungkinan terjadinya komplikasi apabila tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, penderita diabetes mellitus mudah mengalami stress karena penyakitnya sukar disembuhkan dan pasien setiap hari harus mengkonsumsi obat-obatan. Oleh karena itu, diperlukan penatalaksanaan yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi relaksasi benson kombinasi zikir berbasis self care orem terhadap kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Ujungpangkah Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan Quasy Experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 46 responden, yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 23 responden untuk kelompok kontrol dan 23 responden untuk kelompok intervensi. Variabel independen penelitian ini adalah terapi relaksasi benson kombinasi zikir, sedangkan variabel dependennya adalah kadar gula darah. Data dianalisis menggunakan uji paired T-Test dan Independent T-test pada variabel kadar gula darah dengan kemaknaan α=0,05. Hasil uji independent t-test pada variabel kadar gula darah dengan taraf signifikan 0,000 < α = 0,05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian terapi relaksasi benson kombinasi zikir terhadap kadar gula darah pada pasien DM tipe 2. Kesimpulan penelitian ini adalah terapi relaksasi benson kombinasi zikir berpengaruh terhadap kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2. Kedepannya diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan pemberian informasi serta edukasi secara merata ke tempat pelayanan kesehatan yang berada di Wilayah Gresik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoleha, UmdatusNIDN0701087604umdatus@unusa.ac.id
Thesis advisorMuhith, AbdulNIDN0712037901abdulmuhith@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Terapi relaksasi benson kombinasi zikir, kadar gula darah, DM tipe 2
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Magister
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:42
Last Modified: 16 Jan 2024 07:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item