PENGARUH KOMBINASI SPIRITUAL MINDFULNESS DAN BREATHING EXERCISE TERHADAP KECEMASAN, DEPRESI DAN TEKANAN DARAH PASIEN STROKE ISKEMIK

INDIARTINIE, ANIE TRI (2023) PENGARUH KOMBINASI SPIRITUAL MINDFULNESS DAN BREATHING EXERCISE TERHADAP KECEMASAN, DEPRESI DAN TEKANAN DARAH PASIEN STROKE ISKEMIK. Masters thesis, University of Nahdlatul Ulama Surabaya.

[img] PDF
TS-MK-230008_abstract.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-36863.html

Abstract

Pendahuluan. Penyakit stroke iskemik menimbulkan masalah serius yang berkelanjutan pada kehidupan penderita meliputi perubahan biologis, psikologis dan spiritual sehingga perlu dilakukan asuhan keperawatan secara komprehensif dan multidisiplin. Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Kombinasi Spiritual Mindfulness dan Breathing Exercise terhadap kecemasan, depresi dan tekanan darah pasien stroke iskemik. Material & Metode. Penelitian ini merupakan riset kuantitatif yang menggunakan desain penelitian quasy experiment dengan pendekatan pretest - posttest control group design. Populasi seluruh pasien stroke iskemik di RSAU dr. M.Munir Lanud Abdulrachman Saleh Malang sebanyak 108 orang. Besar sampel 50 responden. Teknik sampling adalah purposive sampling. Adapun variabel independen penelitian yaitu Kombinasi Spiritual Mindfulness dan Breathing Exercise dan variabel dependen yaitu kecemasan, depresi dan tekanan darah. Analisis menggunakan uji paired t-test dengan nilai signifikan p value < 0.05. Hasil. Hasil penelitian menggunakan uji paired t-test menunjukkan terdapat pengaruh pemberian Kombinasi Spiritual Mindfulness dan Breathing Exercise yang signifikan terhadap kecemasan dengan p value = 0.000, depresi dengan p value = 0.000 dan tekanan darah sistole p value = 0.000, tekanan darah diastole p value = 0.004. Kesimpulan. Kombinasi Spiritual Mindfulness dan Breathing Exercise efektif menurunkan tingkat kecemasan, depresi dan tekanan darah pasien stroke iskemik. Teknik ini mudah dilakukan, sehingga dapat terapkan sebagai intervensi keperawatan di ruang rawat inap demi pengembangan ilmu keperawatan di rumah sakit dan juga dianjurkan dilakukan pada pasien stroke iskemik fase rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiyowati, EppyNIDN0717127001eppy@unusa.ac.id
Thesis advisorMulyadi, MulyadiNIDN0019086203mulyadi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Spiritual Mindfulness, Breathing Exercise, stroke iskemik, kecemasan, depresi dan tekanan darah
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Magister
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:59
Last Modified: 16 Jan 2024 07:59
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item