PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4C TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DI PUSKESMAS KARANG PENANG SAMPANG

RAMADHANTI, ANANDA PUTRI (2022) PENGARUH BAURAN PEMASARAN 4C TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN UMUM DI PUSKESMAS KARANG PENANG SAMPANG. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220073_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32592.html

Abstract

Puskesmas dituntut untuk menjadi ’customer-driven government” yang memperhatikan needs dan wants masyarakat, menekankan segi layanan yang memuaskan. Institusi layanan kesehatan perlu menyusun strategi bauran pemasaran 4C dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran 4C terhadap minat kunjungan ulang pasien umum di Puskesmas Karang Penang Sampang. Penelitian ini merupakan survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan dilaksanakan di Puskesmas Karang Penang Kabupaten Sampang. Populasi penelitian adalah pasien umum yang berjumlah 315 orang dengan sampel sebanyak 121 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah systemic random sampling. Pengambilan data primer dilakukan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder melalui profil Puskesmas. Variabel bebas adalah bauran pemasaran 4C dan variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat kunjungan ulang pasien umum. Analisis data menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat kunjungan ulang pasien sudah baik. Pelaksanaan bauran pemasaran di Puskesmas secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Bauran Pemasaran 4C menunjukkan adanya pengaruh terhadap jumlah kunjungan ulang pasien. Faktor-faktor yang berpengaruh yaitu, Co-creation, Currency dan Conversation dengan value berturut-turut yaitu, 0,011, 0,005, 0,005 < 0,05 yang berarti berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien. Bauran pemasaran 4C berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien, dengan aspeknya yaitu Co-Creation, Currency dan Conversation. Aspek Communal Activation tidak berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien umum. Diharapkan pihak Puskesmas dapat meningkatkan aspek Communal Activation seperti branding ulang untuk meningkatkan minat kunjungan ulang pasien umum di Puskesmas Karang Penang Sampang.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAdriansyah, Agus AanNIDN0727088702aan.naufal87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, 4C, Kunjungan Ulang, Pasien, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:04
Last Modified: 16 Jan 2024 08:04
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10198

Actions (login required)

View Item View Item