ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (10P) DI POLI UMUM PUSKESMAS TANJUNGSARI KOTA SURABAYA

RIONIDA, CHILDA APRILIA (2022) ANALISIS PELAKSANAAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (10P) DI POLI UMUM PUSKESMAS TANJUNGSARI KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-KM-220091_abstract.pdf

Download (582kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32723.html

Abstract

Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan milik pemerintah, strategi untuk melakukan pemasaran produk jasanya yang berupa jasa pelayanan kesehatan. Terjadinya penurunan kunjungan pasien sebesar 59% pada tahun 2020 di Puskesmas Tanjungsari Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan strategi bauran pemasaran (10P) Di Poli Umum Puskesmas Tanjungsari Kota Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis pelaksanaan strategi bauran pemasaran (10P) di Poli Umum Puskesmas Tanjungsari Kota dengan tipe fenomenologi sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan pelayanan jasa dengan konsep bauran pemasaran terbaru. Partisipan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa belum adanya kebijakan pemasaran,anggaran dana untuk pemasaran, dan SDM kurang dalam bauran pemasaran. Produk layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien sudah memenuhi keinginan pasien. Tempat atau lokasi puskesmas strategis dan mudah diakses, tarif pelayanan kesehatan dan obat-obatan menganut aturan wilayah dinas kesehatan kota surabaya, promosi menggunakan digitalisasi, tanggung jawab dan pelayanan sudah profesional sesuai bidangnya, sikap kepedulian sosial kepada masyarakat dilakukan dengan baik, hubungan masyarakat dengan melakukan program minilokakarya, kekuatan yang dimiliki puskesmas berpacu dalam kebijakan dinkes, masukan kinerja pegawai diterima dengan baik. Kinerja pegawai yang sudah memadai dalam bidangnya. Kesimpulan penelitian ini belum ada kebijakan puskesmas mengenai pemasaran, SDM yang terlibat hanya pegawai saja, dan belum tersedianya anggaran dana untuk strategi bauran pemasaran. Saran perlu adanya pembutana kebijakan pemasaran, meningkatkan SDM pemasaran, dan penganggaran dana.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWijaya, SatriyaNIDN0724028204swijaya7@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bauran pemasaran, Strategi bauran pemasaran, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:25
Last Modified: 17 Jan 2024 01:25
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item