PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI MINYAK ZAITUN PADA LANSIA PENDERITA RUAM KULIT DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN INTEGRITAS KULIT (STUDI KASUS DI UPTD GRIYA PANTI WERDHA JAMBANGAN SURABAYA)

FATATI, FARRAH (2022) PENERAPAN PEMBERIAN TERAPI MINYAK ZAITUN PADA LANSIA PENDERITA RUAM KULIT DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN INTEGRITAS KULIT (STUDI KASUS DI UPTD GRIYA PANTI WERDHA JAMBANGAN SURABAYA). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
KT-NS-220042_Abstract.pdf

Download (392kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-31861.html

Abstract

Pada lansia kulit akan mengalami berbagai perubahan yang dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar hidrasi kulit sehingga mengakibatkan fungsi sawar terganggu. Penurunan tersebut yaitu produksi sebum, fungsi vaskular, dan juga fungsi stratum korneum. Salah satu gangguan integritas kulit yang dialami lansia yaitu ruam kulit. Tujuan penelitian mengetahui penerapan intervensi keperawatan pemberian terapi minyak zaitun pada penderita ruam kulit dengan masalah keperawatan gangguan integritas kulit di Unit Pelaksana Teknis Dinas Griya Panti Werdha Jambangan Surabaya. Desain penelitian dalam karya tulis ilmiah ini menggunakan pendekatan studi kasus, dalam penerapan pemberian terapi minyak zaitun pada masalah keperawatan gangguan integritas kulit. Subjek dalam studi kasus ini adalah dua orang pasien dengan inisial Ny.A yang berusia 70 tahun dan Ny.R yang berusia 72 tahun. Analisa data yang digunakan yakni deskriptif. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan penerapan pemberian terapi minyak zaitun pada kedua pasien ialah kulit menjadi lembab, kemerahan ditubuh pasien berkurang, dan dapat mengurangi rasa gatal sehingga pasien dapat melakukan aktivitas dengan baik dan istirahat dengan cukup. Penerapan pemberian terapi minyak zaitun sebagai terapi nonfarmakologis dapat mengatasi masalah keperawatan gangguan integritas kulit. Diharapkan bagi tenaga kesehtan untuk menerapkan pemberian terapi minyak zaitun secara maksimal pada pasien ruam kulit.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSoleha, UmdatusNIDN0701087604umdatus@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Terapi Minyak Zaitun, Gangguan Integritas Kulit, Ruam Kulit
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Profession
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 18 Jan 2024 00:49
Last Modified: 18 Jan 2024 00:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item