HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN DENGAN PENAMBAHAN BERAT BADAN DAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (STUDI DI PUSKESMAS TARIK KABUPATEN SIDOARJO)

SUNU, FIRSTA HERLAMBANG OKTAVIANA (2022) HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN DENGAN PENAMBAHAN BERAT BADAN DAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL KURANG ENERGI KRONIS (STUDI DI PUSKESMAS TARIK KABUPATEN SIDOARJO). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220046_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32147.html

Abstract

Memperbaiki gizi dan kesehatan ibu hamil merupakan cara terbaik dalam rangka mengatasi stunting. Ibu hamil perlu mendapat makanan yang baik, sehingga apabila ibu hamil dalam keadaan sangat kurus atau telah mengalami Kurang Energi Kronis (KEK), maka perlu diberikan makanan tambahan kepada ibu hamil tersebut. Anemia dalam kehamilan merupakan masalah kesehatan utama di negara berkembang, hal ini berdampak terhadap kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi serta kualitas bayi yang dilahirkan, bayi mengalami hambatan pertumbuhan sehingga lahir dengan berat badan rendah. Tujuan penelitian adalah mengetahui Hubungan Pemberian Makanan Tambahan Dengan Penambahan Berat Badan Dan Kadar Hemoglobin ibu Hamil Kurang Energi Kronis di Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan rancang bangun penelitian adalah survey analitik observasional. Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu hamil yang KEK di Puskesmas Tarik Sidoarjo yaitu sebesar 50 orang. Pengambilan Sampel menggunakan probability random sampling dengan jenis simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji Kendall’s tau dengan tingkat signifikan α (0,05). Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan antara pemberian makanan tambahan dengan penambahan berat badan ibu hamil KEK dengan nilai Asymp. Sig. (2-tiled) pada uji Kendall’s tau p= 0,000 (≤0,005). Terdapat korelasi kuat dengan tingkat contingency coefficient 0,715 (0,51 ≤ Q < 0,75). Ada hubungan antara pemberian makanan tambahan dengan kadar Hb ibu hamil KEK dengan nilai Asymp. Sig. (2-tiled) pada uji Kendall’s tau p= 0,000 (≤0,005). Terdapat korelasi kuat dengan tingkat contingency coefficient 0,684 (0,51 ≤ Q < 0,75). Ibu Hamil KEK diharapkan dapat mengkonsumi PMT ibu hamil secara teratur dan sering sehingga dapat meningkatkan berat badan dan kadar Hb nya menjadi normal.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetiarsih, DiniNIDN0712027903dinisetiarsih@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pemberian Makanan Tambahan, Berat Badan, Kadar Hb
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:44
Last Modified: 18 Jan 2024 01:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10368

Actions (login required)

View Item View Item