PERBEDAAN LAMA PERENDAMAN DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR ETANOL DAN TOTAL GULA PADA INFUSED WATER KISMIS (VISIT VINIVERA L)

NINGATI, LAILY LINTANG KUMAYA (2022) PERBEDAAN LAMA PERENDAMAN DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR ETANOL DAN TOTAL GULA PADA INFUSED WATER KISMIS (VISIT VINIVERA L). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220122_abstract.pdf

Download (376kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-33899.html

Abstract

Pemanfaatan buah kismis dapat diolah sebagai minuman infused water yang menyehatkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kadar etanol dan total gula pada infused water kismis berdasarkan lama perendaman dan suhu yang berbeda menggunakan jenis eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengukuran kadar etanol mengunakan mtode spektoformetri Uv-Vis dan pengukuran kadar gula menggunakan metode luff schoorl. Pengukuran etanol dan total gula dilakukan dengan pengambilan sampel pada waktu 0 jam, 24 jam, 48 jam dan 72 jam pada suhu ruang dan suhu dingin. Data dianalisis menggunakan uji parametik two way dilanjutkan dengan uji Post Hoct Pengambilan data dilakukan melalui uji laboratorium dengan analisis yang dilakukan meliputi kadar etanol dan total gula. Analisis data menggunakan uji parametrik Two Way Anova dengan α=0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai p-value kadar etanol dan total gula pada infused water kismis dengan lama perendaman 0 jam, 24 jam, 48 jam, 72 jam yang disimpan pada suhu ruang dan dingin adalah 0,000 < α = 0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan kadar etanol dan total gula pada lama waktu perendaman dan suhu penyimpanan infused water kismis dengan kadar etanol tertinggi terdapat pada lama perendaman 72 jam dengan penyimpanan suhu ruang dan total gula tertinggi terdapat pada lama perendaman 0 jam dengan penyimpanan suhu dingin.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Endah Budi PermanaNIDN0719019202endah.budi92@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Etanol, Kismis, Infused Water
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:40
Last Modified: 18 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10435

Actions (login required)

View Item View Item