PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN, DAN SOSIAL EKONOMI DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA REMAJA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK (DESA WARUKULON KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN)

HAMIDATUZZAHROH, IFDA KURNIA (2022) PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN, DAN SOSIAL EKONOMI DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA REMAJA DI MADRASAH DINIYAH AL-MUBAROK (DESA WARUKULON KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220054_abstract.pdf

Download (418kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32323.html

Abstract

Masalah gizi yang timbul pada usia remaja yang masih banyak dijumpai di Indonesia adalah kelebihan asupan zat gizi yang dapat menyebabkan obesitas. Faktor – faktor terjadinya obesitas salah satunya yaitu pengetahuan gizi, pola makan, dan social ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi, pola makan, dan sosial ekonomi dengan kejadian obesitas pada remaja di Madrasah Diniyah Al-Mubarok (Desa Warukulon Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan). Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional dengan metode cross sectional, populasinya yaitu seluruh remaja di Madrasah Diniyah Al-Mubarok sebanyak 102 orang. Sampel sebesar 50 responden diambil dengan menggunakan metode probability sampling, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel independen adalah pengetahuan gizi, pola makan, dan sosial ekonomi. Sedangkan variabel dependen adalah kejadian obesitas pada remaja di Madrasah Diniyah Al-Mubarok. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan gizi, kuesioner sosial ekonomi, dan kuesioner food recall 3x24 hours. Analisis data yang digunakan adalah uji Pearson dengan tingkat signifikansi α ≤ 0,05. Terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan kejadian obesitas (p = 0,029). Terdapat hubungan antara pola makan dengan kejadian obesitas (energi (p = 0,026), protein (p = 0,000), lemak (p = 0,000), karbohidrat (p = 0,000)). Terdapat hubungan antara sosial ekonomi dengan kejadian obesitas (p = 0,036). Remaja diharapkan menjaga pola makan dan sosial ekonomi serta meningkatkan pengetahuan gizi dengan mengikuti penyuluhan atau edukasi terkait gizi sehingga dapat menurunkan tingkat kejadian obesitas.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPutri, Pratiwi HariyaniNIDN0723038803pratiwi@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Obesitas, Remaja, Pengetahuan Gizi, Pola Makan, Sosial Ekonomi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ206-235 Nutrition and feeding of children and adolescents
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:14
Last Modified: 18 Jan 2024 09:14
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10470

Actions (login required)

View Item View Item