PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET DASH MELALUI MEDIA BOOKLET UNTUK MANAJEMEN KESEHATAN TIDAK EFEKTIF PADA KELUARGA HIPERTENSI DI DESA BERBEK : STUDI KASUS.

KURNIAWAN, GANDA PUTRA (2022) PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIET DASH MELALUI MEDIA BOOKLET UNTUK MANAJEMEN KESEHATAN TIDAK EFEKTIF PADA KELUARGA HIPERTENSI DI DESA BERBEK : STUDI KASUS. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
KT-NS-220115_Abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-34856.html

Abstract

Tingginya kasus penderita hipertensi salah satunya disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan yang dapat mempengaruhi perilaku. Tujuan penelitian ini memberikan pendidikan Kesehatan dengan menggunakan media Booklet diet DASH dalam meningkatkan pola hidup sehat khususnya pola makan pada Tn.A dengan masalah manajemen Kesehatan tidak efektif di Desa Berbek RT 08 RW 03. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan 3 hari kunjungan dengan durasi 15-20 menit, Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, edukasi diet DASH, dan dokumentasi menggunakan format asuhan keperawatan keluarga, intervensi dan implementasi asuhan keperawatan menggunakan SDKI, SLKI dan SIKI. Hasil penenelitian didapatkan pengkajian pada penderita hipertensi dikeluarga Tn A dengan masalah manajemen Kesehatan tidak efektif. Setelah dilakukan implementasi selama 3 hari sdengan durasi 15-20 menit didapatkan hasil adanya peningkatan pengetahuan penyakit hipertensi dan perilaku pola hidup sehat pada keluarga Tn.A. Pendidikan Kesehatan menggunakan media Booklet diet DASH terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan perilaku pada seseorang, diharapkan bagi tenaga Kesehatan untuk mengaplikasikan pendidikan kesehatan menggunakan media Booklet secara maksimal kepada pasien.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFirdaus, FirdausNIDN0713016904firdaus@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Hipertensi, Manajemen Kesehatan tidak efektif, Booklet, diet DASH
Subjects: R Medicine > RT Nursing
R Medicine > RT Nursing > RT120.F34 Family Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Profession
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:46
Last Modified: 19 Jan 2024 03:46
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item