ANALISA PERBANDINGAN KADAR ANTOSIANIN DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUAH JAMBLANG (Syzygium cumini) DAN BUAH ANGGUR HITAM (Vitis vinifera)

SAMUDRA, ORIELSTA NOVELIA GITA RIZKI ISLAM GADIS (2022) ANALISA PERBANDINGAN KADAR ANTOSIANIN DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUAH JAMBLANG (Syzygium cumini) DAN BUAH ANGGUR HITAM (Vitis vinifera). [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220093_abstract.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32594.html

Abstract

Buah jamblang (Syzygium cumini) dan anggur hitam (Vitis vinifera) adalah dua buah yang memiliki kandungan flavonoid yang sama, yaitu antosianin. Antosianin memiliki bioaktivitas seperti antioksidan dan anti diabetes yang dapat mencegah oksidasi glukosa dan menurunkan glukosa darah. Kandungan antosianin dan aktivitas antioksidan dapat digunakan sebagai alternatif bagi penyandang DM karena membantu meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin. Tujuan dari penelitian adalah membandingkan kadar antosianin dan aktivitas antioksidan pada buah jamblang dan anggur hitam. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kali pengulangan. Sampel diekstraksi menggunakan pelarut metanol asam pekat dan diuji kadar antosianinnya menggunakan metode pH differential. Sementara akktivitas antioksidannya diuji menggunakan metode 2,2-difenil-1-pikrilhidrazil (DPPH) dan dinyatakan dalam konsentrasi inhibisi 50% (IC50). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar antosianin total buah jamblang (Syzygium cumini) sebesar 116,655 mg/L sedangkan pada buah anggur hitam (Vitis vinifera) sebesar 80,9896 mg/L. Hasil uji t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kadar antosianin total antara buah jamblang dan anggur hitam dengan nilai p value < α (0,05). Adapun rata-rata hasil aktivitas antioksidan pada buah jamblang (Syzygium cumini) dinyatakan dalam nilai IC50 sebesar 19,605 μg/ml dan pada buah anggur hitam (Vitis vinifera) sebesar 47,18 μg/ml. Hasil uji t independen menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan pada buah jamblang dan buah anggur hitam memiliki perbedaan signifikan dengan nilai p value < α (0,05). Buah jamblang (Syzygium cumini) memiliki kadar antosianin total dan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah anggur hitam (Vitis vinifera), yaitu sebesar 116,655 mg/L dan 19,605 μg/ml.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKardina, Rizki NurmalyaNIDN0710018607rizki_kardina@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Buah Jamblang, Buah Anggur Hitam, Antosianin, Aktivitas Antioksidan, Diabetes Mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:02
Last Modified: 19 Jan 2024 08:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item