PENGARUH EDUKASI ANEMIA MENGGUNAKAN METODE EMO DEMO DAN CERAMAH TERHADAP PERSENTASE KECUKUPAN ASUPAN ZAT BESI PADA SISWI SMAN 1 MANTUP LAMONGAN

MAWARTI, YURISKA MELLINIA (2022) PENGARUH EDUKASI ANEMIA MENGGUNAKAN METODE EMO DEMO DAN CERAMAH TERHADAP PERSENTASE KECUKUPAN ASUPAN ZAT BESI PADA SISWI SMAN 1 MANTUP LAMONGAN. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-GZ-220097_abstract.pdf

Download (618kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-32609.html

Abstract

Anemia merupakan keadaan dimana kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah lebih rendah dari angka normal menurut usia dan jenis kelamin, pada remaja putra 13-17 g/dl dan pada remaja putri 12-15 g/dl (Apriyanti, 2019). Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui pengaruh edukasi anemia menggunakan metode emo demo dan ceramah terhadap persentase kecukupan asupan zat besi pada siswi SMAN 1 Mantup Lamongan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True-Eksperimental Design, dengan 2 kelompok perlakuan yaitu kelompok intervensi yang diberikan edukasi ceramah dan emo demo dan kelompok kontrol yang diberikan edukasi ceramah. Data pre-test diambil sebelum diberikan edukasi tentang anemia sebanyak dua kali baik dengan edukasi metode ceramah serta edukasi merode ceramah dan emo demo. Data post-test diambil 3 minggu setelah perlakuan diberikan. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase kecukupan asupan zat besi sebelum dilakukan edukasi pada kelompok intervensi dengan nilai rata-rata 45,51% dan setelah dilakukan edukasi menjadi 86,58%, pada kelompok kontrol bernilai 41,15% dan setelah diberikan edukasi menjadi 69,04%. Hasil analisis data uji statisik uji paired sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan persentase kecukupan asupan zat besi sebelum dan sesudah diberikan edukasi pada kelompok intervensi (p= 0,000), dan pada kelompok kontrol (p=0,000). Terdapat perbedaan persentase kecukupan asupan zat besi pada kelompok intervensi dan kontrol sesudah diberikan intervensi (p= 0,000), dan terdapat perbedaan perubahan kecukupan asupan zat besi sebelum dan sesudah diberikan edukasi (p=0,023). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode edukasi emo demo dan ceramah memiliki pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan persentase kecukukupan asupan zat besi dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYuliani, KartikaNIDN0716079301kartika.yuliani@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Anemia, Edukasi Ceramah, Emo-Demo, Persentase kecukupan asupan zat besi.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ206-235 Nutrition and feeding of children and adolescents
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Nutrient
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:23
Last Modified: 19 Jan 2024 08:23
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item