Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

RAHMAHWATI, ADELIA AYU and Hidayat, Muhammad Thamrin and Djazilan, Muhammad Sukron and Akhwani, Akhwani (2021) Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5). pp. 3385-3392. ISSN 2580-1147

[img] PDF
Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar.pdf

Download (297kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (896kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya yang berjumlah 28 dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket, serta dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Uji prasyarat analisis meliputi Uji normalitas data dan Uji linieritas regresi. Uji hipotesis meliputiuji korelasi product moment. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Ngagel I/394 Surabaya dengan klasifikasi kebiasaan belajar sebesar 64,2% dan klasifikasi hasil belajar 71,4% dengan dengan nilai kolerasi sebesar 0,684 dan sig. sebesar 0,000 >0,05

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 06 Feb 2024 10:39
Last Modified: 06 Feb 2024 10:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item