Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar

PUTRI, ANINDYA MIRZA KURNIA and Akhwani, Akhwani and Nafiah, Nafiah and Djazilan, Muhammad Sukron (2021) Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5). pp. 4206-4211. ISSN 2580-1147

[img] PDF
Pengaruh Media Educandy pada Pembelajaran PPKn terhadap Motivasi Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (295kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (913kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media Educandy terhadap motivasi belajar daring siswa IV SD Ganting Sidoarjo, meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas yang menggunkan media Educandy pada pembelajaran PPKn dan motivasi belajar siswa pada kelas yang tidak menggunakan media Educandy pada pembelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Ganting Kecamatan Gedangan Sidoarjoyang terdiri 2 kelas (rombel) dengan jumlah seluruh siswanya 56 siswa, kelas 4A 28 dan kelas 4B 28 siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experiment Design), Sugiono (2016). bentuk desain Quasi Experiment yang di gunakan penelitian ini yaitu Nonequivalent control group design hampir sama dengan presentposteest control group desain dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket melalui surve kusioner secara langsung. Data yang diperoleh diuji menggunakan statistic deskriptif melalui aplikasi SPSS.Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media educandy berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Ganting Kabupaten Sidoarjo dengan nilai Sig sebesar 0,000, media educandy pada pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Educandy, Motivasi Belajar dan Pembelajaran PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:21
Last Modified: 07 Feb 2024 03:21
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item