Penggunaan Media Papan Jusun (Penjumlahan Bersusun) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN Keboansikep 1

Rosyidah, Eva Nur and Djazilan, Muhammad Sukron and Andriyanto, Rachmad (2023) Penggunaan Media Papan Jusun (Penjumlahan Bersusun) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN Keboansikep 1. In: Prosiding National Conference for Ummah (NCU) 2023, 2023, Surabaya.

[img] PDF
Penggunaan Media Papan Jusun (Penjumlahan Bersusun) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan Kelas I SDN Keboansikep 1.pdf

Download (516kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan setelah penggunaan media papan jusun (penjumlahan bersusun). Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas I SDN Keboansikep 1. Pada penelitian ini, data dikumpulkan melalui beberapa teknik, meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan hasilnya menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Rerata nilai siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II secara berturut adalah 40, 70,5, dan 84,5. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus , siklus I,dan siklus II secara berturut adalah 10%, 60%, dan 85%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SD pada materi penjumlahan setelah menggunakan media papan jusun (penjumlahan bersusun).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, hasil belajar, media papan penjumlahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:44
Last Modified: 07 Feb 2024 03:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10626

Actions (login required)

View Item View Item