Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD

Tusyahdiah, Nur Halimah and Djazilan, Muhammad Sukron and Retnawati, Tri and Mega, Mega (2023) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD. In: Prosiding National Conference for Ummah (NCU) 2023, 2023, Surabaya.

[img] PDF
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sudut melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Benda Konkret Siswa SD.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
peer review muhammad sukron djazilan.pdf

Download (947kB)
[img] PDF
turnitin muhammad sukron djazilan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/...

Abstract

Dengan menggunakan benda-benda fisik dan metodologi Problem Based Learning, penulis artikel ini melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas empat tentang matematika yang disajikan di bagian artikel. Penelitian ini menggunakan strategi test-and-analyze berdasarkan analisis deskriptif kuantitatif untuk pengumpulan data. Nilai rata-rata klasik 60 ditemukan dalam pra-siklus. Nilai rata-rata yang dicapai setelah diinstruksikan menggunakan paradigma pembelajaran Problem Based Learning siklus 1 adalah 65,6. Persentase siswa yang tujuan belajarnya berhasil diselesaikan naik menjadi rata-rata 82 pada Siklus 2. Berdasarkan temuan tersebut, masuk akal untuk mengasumsikan bahwa pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL), ketika dilengkapi dengan objek nyata, dapat meningkatkan hasil belajar matematika yang dicapai siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, benda konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:49
Last Modified: 07 Feb 2024 03:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item