Edukasi Kesehatan Jiwa dan Menulis Ekspresif pada Lansia di Malaysia

Budury, Syiddatul and Ainiyah, Nur and Bistara, Difran Nobel and Sharoni, Siti Khuzaimah Ahmad and Rahman, Haliza Abdul (2023) Edukasi Kesehatan Jiwa dan Menulis Ekspresif pada Lansia di Malaysia. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (9). pp. 3375-3379. ISSN 2598-1226

[img] PDF
Edukasi Kesehatan Jiwa dan Menulis Ekspresif pada Lansia di Malaysia.pdf

Download (279kB)
[img] PDF
turnitin syiddatul budury.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/ar...

Abstract

Kesehatan mental pada lansia menjadi salah satu tantangan serius dalam bidang kesehatan, mengingat peningkatan jumlah populasi lansia di seluruh dunia. Masalah kesehatan mental pada lansia, seperti depresi, kecemasan, dan stres, memiliki dampak negatif yang signifikan pada kualitas hidup lansia. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi tentang masalah kesehatan jiwa lansia dan untuk mengetahui dampak expressive writing bagi kondisi jiwa lansia. Kegiatan ini diikuti oleh 28 lansia yang bergabung. Di Pusat Aktivitas Warga Emas Felda Bukit Cerakah, Selangor Malaysia. Kegiatan dimulai dengan senam bersama dilanjutkan dengan pemberian edukasi tentang masalah kesehatan yang muncul pada lansia serta pelaksanaan menulis ekspresif. Hasilnya ada peningkatan pengetahun kesehatan jiwa dan peraasaan lega setelah mengikuti kegiatan. Expressive writing menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan kesehatan mental pada lansia. Intervensi ini relatif mudah diimplementasikan dan dapat menjadi pilihan yang menjanjikan sebagai pendekatan non-farmakologis dalam merawat lansia yang mengalami masalah kesehatan mental.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lansia, menulis ekspresif, kesehatan mental.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC952-954.6 Geriatrics
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 May 2024 10:24
Last Modified: 07 May 2024 10:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10877

Actions (login required)

View Item View Item