STUDENTS PERCEPTION ON USING DIGITAL PLATFORM EDUCAPLAY FOR ENGLISH VOCABULARY LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL

SAIDAH, AMINATUS (2024) STUDENTS PERCEPTION ON USING DIGITAL PLATFORM EDUCAPLAY FOR ENGLISH VOCABULARY LEARNING IN JUNIOR HIGH SCHOOL. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-IG-240007_abstrak.pdf

Download (136kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38482.html

Abstract

Keterampilan bahasa Inggris telah diidentifikasi sebagai kelemahan di salah satu sekolah menengah pertama di Sidoarjo selama fase pra-observasi. Hal ini terlihat dari nilai bahasa Inggris mereka yang sebagian besar dinyatakan di bawah kriteria standar. Banyak siswa kesulitan belajar bahasa Inggris karena kurangnya kosakata. Penelitian ini mengkaji persepsi siswa terhadap penggunaan platform digital Educaplay untuk pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan persepsi siswa terhadap penggunaan Educaplay. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diambil melalui observasi dan kuesioner campuran terbuka dan tertutup dari 19 siswa kelas 7 di salah satu SMP di Sidoarjo. Hasil menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, antusias, dan menikmati pembelajaran kosakata dengan Educaplay. Salah satu hasil persepsi siswa mengatakan sebanyak 95% siswa memberikan respon positif, menyatakan bahwa Educaplay membantu mereka mengingat kosakata baru dengan lebih mudah dan menyenangkan. Namun, kendala seperti kebutuhan koneksi internet stabil dan kurangnya perangkat pribadi menjadi tantangan. Meski demikian, solusi seperti penggunaan tethering dari guru membantu mengatasi masalah ini.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDBASUKI, EDI PUJONIDN0723097902ediayarga@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Educaplay, Pembelajaran Koskata Bahasa Inggris.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:13
Last Modified: 08 Jul 2025 03:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item