NISAK, CHOIRUN (2024) IMPLEMENTASI BACA TULIS AL-QURAN (HURUF HIJAIYAH) PADA ANAK HIPERAKTIF DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PLUMBUNGAN SUKODONO SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-TK-240020_ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
Abstract
baca tulis Al-Qur’an (huruf hijaiyah). karena banyak lembaga TK yang kurang mengetahui proses implementasi baca tulis Al-Qur’an (huruf hijayah) pada anak hiperaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi baca tulis Al-Qur’an (Huruf Hijaiyah) pada anak hiperaktif di TK Dharma Wanita Persatuan Plumbungan Sukodono Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian, di cek kembali keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi. Informan yang digunakan terdiri dari 5 informan utama dan 7 informan tambahan. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi Pembelajaran pada TK Dharma Wanita Persatuan Plumbuingan diterpakan dengan tiga tahap strategi pembelajaran. (1) Pertama, tahap persiapan yang berupa penyusunan Progam tahunan, program semester, RPPM, RPPH, materi ajar serta alat dan bahan yang menarik untuk anak hiperaktif. Kedua, tahap pelaksanaan menggunakan media kalender hijayah, pohon tempel, dan pendekatan lisan kepada anak hiperaktif. Ketiga, tahap evaluasi berupa penilaian harian anak, catatan anekdot dan hasil karya untuk mengetahui perkembangan anak hiperaktif. (2) Terdapat Faktor pendukung antara lain: a. Media, b. Sarana dan prasarana, c. Upaya maksimal guru, d. Dukungan dari orang tua. Faktor penghambat antara lain: a. Tingkah anak hiperaktif yang berlebih, b. Tidak bisa fokus, c. Kurangnya jumlah guru. kesimpulan dari penelitian ini yaitu Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (Huruf Hijaiyah) pada anak hiperaktif di TKDWP Plumbungan diterapkan melalui tiga tahap untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Saran untuk TKDWP Plumbungan untuk yaitu Implementasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (Huruf Hijaiyah) pada anak hiperaktif yaitu Perlunya perhatian atau perlakuan khusus yang diberikan oleh guru kepada siswa yang mengalami perilaku hiperaktif dengan memberikan motivasi, dan membantu siswa ketika di sekolah dengan harapan agar mengurangi atau memperbaiki masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa yang mengalami perilaku hiperaktif
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Hiperaktif, Al-Qur’an, strategi Pengajaran, faktor pendukung dan penghambat, Alat yang menarik | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:35 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:35 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |