ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

KURNIANDA, VISTANIA FAJAR (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240014_ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38302.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan belajar Bahasa Jawa di kalangan siswa kelas IV di SDN 160 Gresik. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Jawa terhadap siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif pada bulan Juni semester genap tahun ajaran 2023/2024, melibatkan 27 siswa kelas IV dan satu guru. Data yang diperoleh dari wawancara terstruktur dan dokumentasi. Perlunya penggunaan metode pengajaran inovatif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari Bahasa Jawa serta budayanya. Penelitian di SDN 160 Gresik menunjukkan bahwa siswa kelas IV mengalami kesulitan utama dalam mempelajari Bahasa Jawa, terutama dalam unggah-ungguh, terutama pada faktor internal dan faktor eksternal seperti kurangnya penggunaan Bahasa Jawa di lingkungan sehari-hari juga memperburuk kesulitan ini, menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Guru perlu mengadopsi metode pengajaran yang lebih jelas dan praktis serta melibatkan orang tua dalam menciptakan lingkungan yang mendukung praktik Bahasa Jawa di rumah, untuk meningkatkan pemahaman dan aplikasi Bahasa Jawa siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRULYANSAH, AFIBNIDN21031322afibrulyansah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Siswa, Kesulitan belajar Bahasa Jawa, Faktor Internal dan Eksternal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:54
Last Modified: 08 Jul 2025 03:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item