PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MEDAYU UTARA MEDOKAN AYU RUNGKUT SURABAYA

AZIZAH, ANIS NUR (2024) PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI MEDAYU UTARA MEDOKAN AYU RUNGKUT SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-TK-240024_ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38409.html

Abstract

Pola asuh adalah sikap orang tua dalam berinteraksi, membimbing, membina, dan mendidik anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan anak sukses menjalani kehidupan ini. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dari anak usia dini yaitu kemampuan kognitif. Perkembangan kemampuan kognitif dianggap berperan penting terhadap masa depan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pola asuh orang tua terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di Medayu Utara Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian 10 orang tua yang mempunyai anak berusia 4-5 tahun dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terdiri dari dua macam yaitu pola asuh demokratis yang diterapkan oleh 3 orang tua dan pola asuh otoriter yang diterapkan oleh 7 orang tua, sedangkan kemampuan kognitif anak dari 10 anak tersebut terbagi menjadi 2 yaitu 3 anak berkembang sangat baik yang ditandai dengan tercapainya 4 indikator diantaranya memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah. Sedangkan 7 anak mulai berkembang yang ditandai dengan tercapainya 2 indikator diantaranya memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya penerapan pola asuh orang tua yaitu terdiri dari 2 macam pola asuh yaitu pola asuh demokratis yang diterapkan oleh 3 orang tua dan pola asuh otoriter yang diterapkan oleh 7 orang tua. Sedangkan kemampuan kognitif anak yaitu 3 anak berkembang sangat baik dan 7 anak mulai berkembang. Dihimbau kepada masyarakat Medayu Utara untuk mengadakan edukasi tentang pola asuh minimal satu bulan sekali agar para orang tua dan calon orang tua lebih memahami bagaimana model pengasuhan dan perkembangan anak khususnya pada kemampuan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALEH, NANANG ROKHMANNIDN0312747nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kemampuan Kognitif Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:20
Last Modified: 08 Jul 2025 04:20
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item