SAIDAH, FAIQOTUS (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240015_ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang seringkali disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model dan metode pembelajaran, sehingga mengurangi interaktivitas siswa. Fokus utama dari kegiatan pembelajaran adalah mencapai hasil belajar yang optimal melalui partisipasi aktif siswa dengan memanfaatakan teknologi canggih agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain one group pretest posttest design. Sasaran penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan angket hambatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPA di sekolah dasar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Berbantuan Quizizz 100% terlaksana. Peningkatan rata-rata nilai dari 61,33 (pretest) menjadi 87,33 (posttest) menunjukkan efektivitas model yang digunakan. Pembelajaran IPA melalui model pembelajaran ini sangat efektif, karena nilai ketuntasan siswa telah mencapai minimal 75%. Berdasarkan keseluruhan analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari pretest ke postest dengan nilai rata-rata sebesar 0,6744. Nilai rata-rata N-Gain berada dalam kategori sedang karena berada pada kisaran rentang 0.3 ≤ N-Gain < 0.7. Implikasi dari penelitian ini diharapkan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan bagi peneliti lain direkomendasi agar mau melakukan penelitian replikasi untuk melihat konsistensi hasil yang telah dicapai.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, model pembelajaran, hasil belajar IPA | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:25 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:25 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/10985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |