THE EFFECTIVENESS OF USING AUGMENTED REALITY TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH VOCABULARY MASTERY

RAHMADANI, NABILA PUTRI (2024) THE EFFECTIVENESS OF USING AUGMENTED REALITY TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH VOCABULARY MASTERY. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-IG-240020_abstrak.pdf

Download (172kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39080.html

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas penggunaan Augmented Reality dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa dan untuk mengetahui persepsi siswa setelah menggunakan Augmented Reality sebagai media pembelajaran di salah satu sekolah dasar di Surabaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran atau kombinasi (kuantitatif dan kualitatif). Data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test, post-test, dan kuesioner. Hasil pre-test dan post-test siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t sampel tidak berpasangan melalui SPSS 27, dan hasil data kuesioner dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Augmented Reality secara efektif meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa dengan nilai rata-rata di kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dari 37,6133 pada pre-test menjadi 75,4000 pada post-test. Berdasarkan data kuesioner, sebagian besar siswa setuju bahwa nilai mereka meningkat karena Augmented Reality menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Ini menunjukkan bahwa penggunaan Augmented Reality tidak hanya secara signifikan meningkatkan skor kosakata tetapi juga berdampak positif terhadap persepsi siswa terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSAPUTRI, TIYASNIDN0718028506tiyass@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Persepsi, Augmented Reality, Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris, Siswa.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of English Language Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:32
Last Modified: 08 Jul 2025 07:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item