PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 UPT SD NEGERI 158 GRESIK YANG DIAJAR DENGAN MEDIA PAPAN PERANG DAN KARTU GAMBAR BERBASIS ANGKA

RAHMAWATI, DWI PUTRI (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 UPT SD NEGERI 158 GRESIK YANG DIAJAR DENGAN MEDIA PAPAN PERANG DAN KARTU GAMBAR BERBASIS ANGKA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240027_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38348.html

Abstract

Pendidikan merupakan peranan yang penting dalam mempengaruhi kehidupan manusia khususnya pada jenjang tingkat pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini memiliki tujuan membandingkan penggunaan Papan perang dan Kartu Gambar Berbasis Angka terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di UPT SD Negeri 158 Gresik. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan desain Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, di mana kedua kelompok subjek penelitian mengikuti Pretest dan Posttest dengan melibatkan 60 siswa yang terbagi ke dalam dua kelompok. Data diperoleh melalui lembar kerja penilaian siswa berupa soal essay. Selain itu, untuk menentukan hipotesis penelitian dilakukan uji statistik parametrik, sebelum melakukan uji hipotesis yaitu melakukan uji prasyarat uji normalitas menggunakan shapiro wilk dan uji homogenitas menggunakan uji f baru menguji hipotesis dengan menggunakan uji parametrik independent sample t test untuk membandingkan hasil belajar siswa antara kelompok Papan perang dan Kartu Gambar Berbasis Angka. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa: 1) Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Papan perang mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest sebesar 88,4 dan nilai Posttest sebesar 93,36. 2) Nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Kartu Gambar Berbasis Angka mengalami peningkatan juga, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai Pretest sebesar 88,13 dan nilai Posttest sebesar 94,0. 3) Perbandingan kedua kelompok nilai ratarata Posttest Papan perang sebesar 93,36 dan Kartu Gambar Berbasis Angka sebesar 94,0, dalam hal ini dapat dikatakan tidak ada perbedaan pada hasil belajar kedua kelompok tersebut dan dikuatkan dengan hasil perhitungan SPSS yang menunjukkan nilai sebesar 0.474 > 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok yang diamati.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAMIN, SITI MAGHFIROTUNNIDN20071299amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Papan perang, Kartu Gambar Berbasis Angka, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:54
Last Modified: 08 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item