IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DALAM MELATIH KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 158 MOJOSARIREJO GRESIK

SHOLIHA, MARATUS (2024) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DALAM MELATIH KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 158 MOJOSARIREJO GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240030_ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38359.html

Abstract

Latar belakang peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler drumband dapat melatih kedisiplinan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana implementasi ekstrakurikuler drumband dalam melatih kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 38 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler drumband mengalami peningkatan kedisiplinan. Hal ini dibuktikan dengan adanya 34 siswa yang mengalami peningkatan kedisiplinan, sementara 4 siswa masih datang terlambat. Simpulan secara umum, implementasi ekstrakurikuler drumband dalam melatih kedisiplinan di SD Negeri 158 Mojosarirejo Gresik berhasil karena sebagian besar siswa menunjukkan kedisiplinan yang baik, namun 4 siswa yang masih datang terlambat. Maka, secara keseluruhan kategori kedisiplinan dianggap baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIATI, PANCENIDN15121035pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler drumband, kedisiplinan, peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:29
Last Modified: 08 Jul 2025 08:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item