PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA di SEKOLAH DASAR

KUMALASARI, SHOFI EKA (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA di SEKOLAH DASAR. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240033_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38404.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yaitu melalui peran orang tua sebagi pendukung dalam meningkatkan semangat siswa dalam berkembang. Banyak terjadi siswa yang menurun dalam meningkatkan belajarnya dikarenakan kurangnya motivasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam merangsang semangat proses pembelajaran peserta didik di kelas IV SD Mawar Gresik Peran orang tua disini sangatlah penting di masa sekarang bukan hanya guru yang memberikan motivasi belajar di sekolah namun juga peran orangtua karena waktu siswa di rumah akan lebih panjang dibandingkan dengan sekolah. Diadakannya penelitian ini sebagai kesadaran pentingnya peran orangtua terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan data yang peneliti dapat dari sumber awal di lapangan melalui wawancara orang tua, siswa di SD Mawar dan pengamatan serta pengambilan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesimpulannya, orang tua memainkan peran kunci sebagai fasilitator, pendidik, dan motivator dalam meningkatkan motivasi siswa di sekolah dasar. Keterlibatan mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif, memberikan dukungan, serta memberikan pujian dan pengakuan sangat penting untuk meningkatkan kinerja akademis dan kepercayaan diri.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRULYANSAH, AFIBNIDN21031322afibrulyansah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: peran, orang tua, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 08 Jul 2025 13:58
Last Modified: 08 Jul 2025 13:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item