SYARAFINA, INTAN (2024) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA POHON LITERASI DI SDN BAIPAJUNG 3. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240034_ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 2 SDN Baipajung 3 dengan menggunakan media pohon literasi. Berdasarkan penelitian awal saat pelaksanaan pra siklus kelas 2 SDN Baipajung 3 sangat rendah. Hal ini terlihat dari gejala yang terjadi dalam pembelajaran, minat baca siswa masih kurang sehingga siswa terlihat masih kurang lancar dalam membaca. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2024, bertempat di SDN Baipajung 3 Bangkalan dengan subjek 24 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan tes performace. Berdasarkan observasi awal yang diperoleh dari hasil keterampilan membaca siswa, hanya ada 5 siswa yang tuntas. Setelah menggunakan media pohon literasi pada siklus 1 cukup meningkat yaitu 10 siswa dengan presentase ketuntasan 71%. Kemudian diperbaiki pada siklus II, keterampilan membaca siswa menjadi 16 siswa dengan presentase ketuntasan 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pohon literasi dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas 2 SDN Baipajung 3.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, bahasa Indonesia, media pohon literasi | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:29 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:29 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |