ROHMASHARI, EFFIN SOFIA (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOMPLEK KENJERAN II 506 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240064_abstrak.pdf Download (211kB) |
Abstract
Kemampuan mengelola emosi merupakan aspek esensial dalam perkembangan individu, terutama dalam konteks pendidikan. Emosi dapat mempengaruhi persepsi dan respons seseorang terhadap situasi, termasuk dalam proses pembelajaran. Penanganan emosi yang efektif dapat membantu siswa mengatasi stres, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, serta mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik. Motivasi belajar, yang seringkali dipengaruhi oleh emosi, berperan penting dalam mencapai keberhasilan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kemampuan mengelola emosi dengan motivasi belajar pada siswa di Sekolah Dasar Negeri Komplek Kenjeran II/506 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif analitik dan pendekatan Cross Sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa, dan analisis dilakukan menggunakan uji tau-b Kendall untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan mengelola emosi dan motivasi belajar siswa, dengan nilai P Value sebesar 0,021 (lebih kecil dari 0,1). Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,81 menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan positif, yang berarti semakin baik kemampuan siswa dalam mengelola emosi, semakin tinggi motivasi belajarnya. Kesimpulannya, kemampuan mengelola emosi merupakan faktor yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah tersebut.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mengelola Emosi, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar | ||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:34 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:34 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |