RENALDO, DEVA (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK SISWA SD KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SD RADEN PATAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240035_ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
Abstract
Salah satu faktor keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah pendidikan akhlak, tanpa akhlak yang baik, peserta didik dapat melakukan kerusakan, Hal tersebut dikeluhkan oleh guru kelas 4D SD Raden Patah Semolowaru Surabaya. Ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung banyak siswa melakukan tindakan yang kurang mencerminkan akhlak yang baik, Nilai-nilai akhlak seperti kejujuran, keadilan, kepedulian, toleransi, dan tanggung jawab dapat terbentuk secara alami dalam diri individu melalui pembelajaran Pancasila. Tujuan penelitian kali ini diantaranya; 1) Mengetahui proses internalisasi nilai akhlak siswa; 2) Membuktikan peran penting pendidikan pancasila dalam membina akhlak siswa; 3) Mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung pembinaan akhlak. Metode dari penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena yang bersifat alamiah ataupun rekayasa manusia. Adapun yang peneliti lakukan adalah meneliti tentang Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Siswa SD Kelas IV Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Raden Patah. Dalam proses internalisasi nilai-nilai akhlak pada siswa, peran orang tua dapat berperan dalam mendukung guru dengan membuka jalur komunikasi yang baik antara sekolah dan rumah, sedangkan pendidikan pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk moralitas dan nilai-nilai kebaikan pada siswa karena melalui pendidikan pancasila, siswa dapat memahami dan menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam pancasila. Faktor pendukung nya dari peran guru kemudian orang tua yang menindak lanjuti ketika sudah berada dirumah sedangkan faktor penghambat datang dari siswa itu sendiri seperti kurang memahami tata tertib yang ada disekolah sehingga banyak melanggar aturan. Pembahasan terkait pelaksanaan internalisasi nilai akhlak melalui pembelajaran pendidikan pancasila di SD Raden Patah Surabaya dilakukan secara intensif dan terus menerus dimaksudkan untuk menjaga nilai akhlak para siswa, pendidikan pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk moralitas dan nilai-nilai kebaikan pada siswa karena melalui pendidikan pancasila siswa dapat memahami dan menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam pancasila, adapun faktor pendukung dan faktor penghambat masing-masing faktor memiliki 2 macam yaitu faktor luar (external), dan faktor dalam (internal). Beberapa kesimpulan dari penelitian ini yaitu, adapun proses internalisasi yang dilakukan diantaranya melalui tranfosrmasi nilai,transaksi nilai dan transinternalisasi. Peran penting pendidikan pancasila dalam membentuk karakter dan akhlak siswa yaitu melalui memahami dan menghayati nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam pancasila. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat masing-masing faktor memiliki 2 macam yaitu faktor luar (external), dan faktor dalam (internal).
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Pendidikan, Pancasila. | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:38 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |