PEMBELAJARAN GERAK LOKOMOTOR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DOWN SYNDROME SD INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA

MAHARANI, KRISNINA (2024) PEMBELAJARAN GERAK LOKOMOTOR SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DOWN SYNDROME SD INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240073_abstrak.pdf

Download (106kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39040.html

Abstract

Latar belakang Salah satu pendekatan yang efektif adalah dengan fokus pada pembelajaran gerak lokomotor. Melalui pendidikan jasmani, siswa dengan Down syndrome dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik yang sesuai dan terstruktur, yang membantu meningkatkan koordinasi, kekuatan, dan kemampuan motorik kasar. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan motorik kasar anak Down syndrome melalui pembelajaran gerak lokomotor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada 3 siswa dengan Down syndrome di kelas 2 SD Galuh Handayani Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga siswa antusiasme tinggi dan keterampilan yang baik dalam setiap gerakan yang diajarkan dalam kategori baik. Simpulan menunjukkan Gerakan yang sangat berdampak adalah gerak berlari memindahkan benda.maka penelitian menggambarkan jelas akan pembelajaran gerak lokomotor sebagai upaya engembangkan motorik kasar anak Down syndrome.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUNANTO, SUNANTONIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: gerak lokomotor, motorik kasar, Down syndrome, pembelajaran inklusif, dan perkembangan motorik
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:56
Last Modified: 09 Jul 2025 03:56
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item