PENERAPAN METODE DRILL PADA MODEL PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI HAFALAN SURAH PENDEK UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PLOSO V/176 SURABAYA

FADLULLOH, M. AL-DIMAS (2024) PENERAPAN METODE DRILL PADA MODEL PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM MATERI HAFALAN SURAH PENDEK UNTUK HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PLOSO V/176 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240044_ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38608.html

Abstract

Pembelajaran agama islam salah satu bagian terpenting dari keseluruhan proses pendidikan yang ada, salah satu materi yang ada pada pembelajaran agama islam adalah menghafalkan surah pendek dengan menggunakan metode drill, hasil belajar siswa pada saat hafalan surah pendek dengan kemampuan yang dimiliki siswa ketika pelaksanaan pembelajaran agama islam masih tergolong lemah. Hal ini dikarenakan banyak siswa yang kurang minat dalam menghafalkan dan terdapat banyak siswa ketika pembelajaran agama islam merasa bosan saat guru menjelaskan materi hafalan surah pendek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi hasil belajar pada materi hafalan surah pendek siswa kelas IV SDN PlosoV/176 Tambak Sari Surabaya menggunakan metode drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi sebagai bentuk pengamatan, dan dilakukan tes tulis untuk mengukur meningkatnya hasil belajar siswa. Jumlah sampel yaitu 10 anak siswa kelas IV sebagai objek penelitian. Hasil ini menunjukkan bahwa metode drill dalam pembelajaran agama islam dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek dan hasil belajar pada siswa SDN Ploso V/176, Kec. Tambak Sari, Kota Surabaya. Hal ini dari ketuntasan belajar siswa yang terus mengalami peningkatan secara signifikan dari tindakan yang dilakukan pada siklus I sebesar 40,0% mengalami sedikit peningkatan pada siklus II sebesar 60,0%.. Dan pada penelitian siklus III terjadi peningkatan yang lumayan tinggi sebesar 80,0%. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini dapat diketahui bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar materi hafalan surah pendek pada pembelajaran agama islam siswa kelas IV SDN Ploso V/176 Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Agama Islam, Hafalan Surah Pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:02
Last Modified: 09 Jul 2025 04:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item