KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA SD DUMAS

ZUHROH, SALASATUS (2024) KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA SD DUMAS. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240054_ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38849.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika siswa di SD Dumas, dengan melihat proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah diimplementasikannya pendekatan PMRI, serta menganalisis respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk penelitian one-group pretest-posttest design yang menerapkan pendekatan PMRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Dumas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pemberian tes dan teknik penyebaran angketPendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) sangatlah berpengaruh dalam mata pelajaran matematika khususnya di tingkat SD, karena Siswa SD akan lebih mudah memahami sesuatu yang jelas, nyata dalam penglihatan dan pendengaran mereka. Dengan mengaplikasikan materi pembelajaran terhadap sesuatu yang nyata serta menghubungkan terhadap kehidupan mereka, sehingga dapat mempengaruhi daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang telah mereka lalui, serta dapat menjadikan siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran. Sehingga, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIBRAHIM, MUSLIMINNIDN20101311musliminibrahim@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:53
Last Modified: 09 Jul 2025 06:53
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item