ZUHROH, SALASATUS (2024) KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA SD DUMAS. [Undergraduate Thesis]
![]() |
PDF
SR-SD-240054_ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar matematika siswa di SD Dumas, dengan melihat proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah diimplementasikannya pendekatan PMRI, serta menganalisis respon siswa terhadap proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan PMRI. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk penelitian one-group pretest-posttest design yang menerapkan pendekatan PMRI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Dumas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, pemberian tes dan teknik penyebaran angketPendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) sangatlah berpengaruh dalam mata pelajaran matematika khususnya di tingkat SD, karena Siswa SD akan lebih mudah memahami sesuatu yang jelas, nyata dalam penglihatan dan pendengaran mereka. Dengan mengaplikasikan materi pembelajaran terhadap sesuatu yang nyata serta menghubungkan terhadap kehidupan mereka, sehingga dapat mempengaruhi daya ingat siswa terhadap pembelajaran yang telah mereka lalui, serta dapat menjadikan siswa lebih aktif ketika proses pembelajaran. Sehingga, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMRI) memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Undergraduate Thesis | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran, Pembelajaran Matematika Realistik | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education | ||||||||
Depositing User: | Mr. . Bagas | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:53 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:53 | ||||||||
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |