PENGARUH MEDIA PAPAN ANGKA BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1

SAPUTRI, ADINDA RIZKY EKA (2024) PENGARUH MEDIA PAPAN ANGKA BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240056_ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38873.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media papan angka berwarna terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika Kelas 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Sasaran pada penelitian ini adalah peserta didik Kelas 1 di UPT SD Negeri 6 Gresik dalam 1 kelas yang berjumlah 30. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kepada peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 23. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001 dengan taraf signifkasi 5%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, media pembelajaran papan angka berwarna berdampak baik terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika Kelas 1 SD.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAMIN, SITI MAGHFIROTUNNIDN20071299amin@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media papan angka berwarna, media pembelajaran, kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:17
Last Modified: 09 Jul 2025 07:17
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item