PENGARUH APLIKASI TUX PAINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI LUKIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN LAKARSANTRI I SURABAYA

FIRDAUS, DIAN NITA (2024) PENGARUH APLIKASI TUX PAINT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI LUKIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN LAKARSANTRI I SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-SD-240061_abstrak.pdf

Download (236kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38941.html

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya dengan memanfaatkan penggunakan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan peserta didik dalam menggambar dan mengembangkan kreativtas mereka menggunakan aplikasi Tux Paint. Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi mengetahui dan membandingkan kemampuan dan kreativitas seni lukis peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Tux Paint. Penelitian ini. menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest, dengan subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V yang diberikan perlakuan penggunaan aplikasi Tux Paint selama tiga kali pertemuan. Hasil Penelitan menunjukkan bahwa nilai Rata-rata pretest adalah 69,38 sedangkan nilai posttest 75,00 menunjukkan perandingan perbedaan sebesar 5,62. Hasil Uji Normalitas Kolomogorov-Smirnov menunjukkan nilai pretest 0,200 dan nilai posttest 0,003. Sedangkan Uji Shapiro-Wilk menunjukkan nilai pretest 0,496 dan nilai posttest 0,009. Uji Hipotesis Wilcoxon penggunaakan aplikasi Tux Paint diperoleh 0,011 menunjukkan hasil lebih kecil dari α = 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dari beberapa hasil Uji diatas dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan setelah menggunakan aplikasi Tux Paint.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIATI, PANCENIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Teknologi Pendidikan, Kreativitas Seni Lukis, Tux Paint, Pengaruh Teknologi.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:29
Last Modified: 09 Jul 2025 07:29
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item