BELANJA DI FACEBOOK: TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), FAKTOR SOSIAL, NILAI HEDONIK, DAN NIAT PEMBELIAN

ZAHROH, MAULINA SALSABILA (2024) BELANJA DI FACEBOOK: TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), FAKTOR SOSIAL, NILAI HEDONIK, DAN NIAT PEMBELIAN. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-MJ-240098_ABSTRACT.pdf

Download (341kB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-38935.html

Abstract

Perkembangan media sosial di Indonesia telah menghasilkan berbagai platform, termasuk fitur-fitur bisnis jual beli yang semakin berkembang. Tren positif dalam bisnis berbasis media sosial telah menciptakan persaingan yang semakin ketat di pasar. Namun, di tengah potensi ini, perusahaan seringkali dihadapkan pada hambatan eksistensi, terutama terkait dengan niat pembelian pengguna. Pengguna saat ini memiliki tuntutan yang semakin kompleks, menginginkan pelayanan yang tidak hanya memberikan manfaat fungsional tetapi juga pengalaman yang memuaskan secara emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, peer influence, nilai hedonik, dan attitude terhadap niat pembelian dalam konteks Facebook commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kuesioner penelitian disebarkan secara online melalui platform Google form kepada 335 responden selama 5 bulan. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara perceived usefulness dan nilai hedonik terhadap attitude, serta antara attitude dengan niat pembelian. Namun, perceived ease of use, social influence, dan peer influence tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap attitude dalam konteks Facebook commerce.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKarya, Denis FiditaNIDN0710058203denisfk@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Faktor TAM, Faktor Sosial, Nilai Hedonik, Niat pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Program Study of Management
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:57
Last Modified: 16 Jul 2025 07:57
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item