PENGARUH TECHNOLOGY INNOVATION, WORD OF MOUTH, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN: STUDI KASUS ALFAMIDI DI SURABAYA

PUTRI, RAHAYU ANINDYA (2024) PENGARUH TECHNOLOGY INNOVATION, WORD OF MOUTH, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION KONSUMEN: STUDI KASUS ALFAMIDI DI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img] PDF
SR-MJ-240107_ABSTRACT.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-39038.html

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan dampak yang serius terutama di sektor industri ritel, yang mengakibatkan penurunan omset sekitar 12.4% ditahun 2021 dan sebesar 28,9% ditahun 2020. Sehingga memaksa ritel seperti Alfamidi untuk melakukan sebuah inovasi agar tetap mempertahankan Brand Image dan Purchase Intention, berupa pemanfaan Technology Innovation untuk membuat pengalaman belanja yang lebih personal bagi pelanggan, seperti pembuatan aplikasi belanja online, event di hari-hari tertentu, dan menyediakan fasilitas belanja untuk konsumen. Faktor lain yang mempengaruhi pembelian pada usaha ritel adalah Word of Mouth (WOM). Dalam penelitian ini akan dilakukan pengambilan data dengan cara menyebar kuesioner online skala likert (rentang 1-5) dengan 190 responden untuk mengetahui apakah Technology Innovation, dan WOM berpengaruh terhadap Brand Image dan juga apakah Technology Innovation, WOM, dan Brand Image akan berpengaruh terhadap Purchase Intention. Hasilnya ditemukan bahwa variabel Technology Innovation berpengaruh signifkan terhadap Brand Image, variabel Word of Mouth berpengaruh signifkan terhadap Brand Image, variabel Brand Image berpengaruh signifkan terhadap Purchase Intention, variabel Technology Innovation berpengaruh signifkan terhadap Purchase Intention, dan variabel eWOM berpengaruh signifkan terhadap Purchase Intention. Saran yang dapat diberikan setelah penilitan ini adalah memperkuat strategi Word of Mouth (WOM), Technology Innovation di layanan dan pengalaman konsumen, konsistensi mempertahankan Brand Image, analisis dan pemantauan berkelanjutan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRasyid, Reizano AmriNIDN0721128501reizano21@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Technology Innovation, Word of Mouth, Brand Image, dan Purchase Intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Program Study of Management
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:24
Last Modified: 17 Jul 2025 02:24
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item