IFANDIYAH, RENNI (2014) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TAKSIRAN BERAT JANIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI BPS LULU SIDOTOPO WETAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT-BD-140105_abstract.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Taksiran berat janin (TBJ) sangat ditentukan oleh status gizi ibu. Dalam kenyataan masih terdapat ibu hamil yang status gizi baik tetapi TBJ kecil sehingga masih tinggi peluang berat badan lahir rendah. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara status gizi dengan TBJ pada ibu hamil trimester III di BPS Lulu Surabaya. Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh ibu hamil trimester III sebesar 27 responden, besar sampel 25 responden diambil secara simple random sampling. Variabel bebas status gizi ibu hamil dan variabel terikat TBJ. Data diperoleh menggunakan data primer yaitu melakukan pengukuran lingkar lengan atas dan pemeriksaan tinggi fundus uteri data diolah dengan editing, coding, tabulatin, entry, cleaning, kemudian dianalisis dengan Chi-Square α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya mempunyai status gizi baik (79,2%) dan TBJ normal (79,2%). Hasil uji dengan statistik Chi-Square diperoleh ρ-0,002 berarti ρ<α, maka H0 ditolak berarti terdapat hubungan antara status gizi ibu hamil dengan TBJ. Kesimpulan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan TBJ. Diharapkan bidan meningkatkan sarana penyuluhan tentang status gizi pada ibu yang mempunyai status gizi buruk, dan tetap mempertahankan status gizi ibu yang sudah baik dengan media brosur dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Status gizi, ibu hamil, TBJ |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG551-591 Pregnancy |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 07:04 |
Last Modified: | 03 Mar 2018 20:26 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1475 |
Actions (login required)
View Item |