MUNAWAR, NUR SAIMAH
(2015)
PENERAPAN TERAPI BERMAIN (GAMBAR MEWARNAI DAN ORIGAMY) PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN MASALAH KEPERAWATAN CEMAS AKIBAT HOSPITALISASI DI RUANG HIJIR ISMAIL RS ISLAM SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perasaan cemas merupakan dampak dari hospitalisasi yang dialami oleh anak pra sekolah. Dampak ini berisiko dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan proses penyembuhan pada anak. Untuk mengurangi kecemasan anak dapat diberikan terapi bermain. Penerapan ini bertujuan untuk mengetahui terapi bermain (gambar mewarnai dan origamy) terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah yang mengalami hospitalisasi di ruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya.
Metodenya yaitu studi kasus dengan menerapkan terapi bermain (gambar mewanai dan origamy) pada anak usia prasekolah dengan masalah keperawatan cemas akibat hospitalisasi di ruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi setelah itu menentukan tingkat kecemasan selama 2-4 hari. Subjek penelitian ini adalah anak usia prasekolah dimana dua anak diberi permainan gambar mewarnai dan dua anak diberikan permainan origamy.
Hasil penerapan inovasi ini didapatkan terjadinya penurunan kecemasan pada anak sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain dari kecemasan berat menjadi sedang, kecemasan sedang menjadi ringan.
Terapi bermain dapat mengurangi kecemasan yang dirasakan oleh anak yang mengalami hospitalisasi. Perawat diharapkan dapat menerapkan terapi bermain diruang Hijir Ismail RS Islam Surabaya selain menerapkan terapi bermain ruangan harus bisa memilih permainan yang aman yang akan dimainkan oleh anak.
Actions (login required)
|
View Item |