KHOLILAH, MASRULLY (2012) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG BULLYING DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS XI DI SMA SEMEN GRESIK. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
KT02196_abstract.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Bullying merupakan tindakan yang disengaja oleh pelaku pada korbannya, yang dimaksudkan untuk menggangu seorang yang lebih lemah. Faktor individu dimana kurangnya pengetahuan menjadi salah satu penyebab timbulnya perilaku bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang bullying dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI di SMA Semen Gresik. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Semen Gresik sebesar 219 siswa, besar sampel adalah 87 responden, diambil mengunakkan simple random sampling. Variabel independen adalah tingkat pengetahuan remaja tentang bullying dan variabel dependen adalah perilaku bullying. Instrumen penelitian menggunakkan lembar kuesioner. Data dianalisis dengan uji statistik Rank Spearman dengan tingkat α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan hampir setengahnya (48,3%) yaitu 42 responden yang memiliki pengetahuan baik tentang bullying mempunyai perilaku bullying ringan. Uji korelasi statistik Rank Spearman didapatkan nilai ρ = 0,001 sehingga ρ < 0,05 maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang bullying dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI di SMA Semen Gresik. Simpulan penelitian ini adalah. Semakin baik tingkat pengetahuan remaja tentang bullying maka akan dapat meminimalkan atau menghilangkan perilaku bullying.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengetahuan, remaja, perilaku, bullying |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor |
Depositing User: | Mr. . Bagas |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 09:18 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 09:18 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1676 |
Actions (login required)
View Item |