Hidayah, Ma'rifatul
(2017)
HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN BUNGURASIH WARU SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN PKN TAHUN PELAJARAN 2016/2017.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Media gambar merupakan media dua dimensi, yang berupa foto atau lukisan. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa setelah melalui proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan penggunaan media gambar dengan hasil belajar siswa kelas II SDN Bungurasih Waru Sidoarjo pada pembelajaran PKn Tahun Pelajaran 2016/2017. desain penelitian bersifat korelasional dengan teknik analisis statistik. Populasinya sebanyak 30 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa dengan metode Total Sampling.
Instrumen penelitian yang diambil dengan menggunakan angket dan soal pre-test, post-test hasil belajar, dianalisis menggunakan uji statistik Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dengan hasil belajar yang digunakan dalam mata pelajaran
PKn pada siswa kelas II SDN Bungurasih Waru Sidoarjo berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil kevalidan pada nilai cukup sebesar 90% dan baik sebesar 10% artinya siswa sangat tertarik dengan media gambar yang diberikan oleh peneliti, sedangkan hasil uji statistic di peroleh nilai p = 0,038 di mana α >
0,05 nilai signifikan r = 0,038 maka hubungan ini kurang signifikan, antara variabel independen dengan variabel dependen ada hubungan yang signifikan. Sehingga H1 diterima berarti ada hubungan antara penggunaan media gambar dengan hasil belajar siswa kelas II SDN Bungurasih Waru Sidoarjo pada
Pembelajaran PKn Tahun Pelajaran 2016/2017.
Dari hasil penelitian bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN Bungurasih Waru Sidoarjo Pada Pembelajaran PKn Tahun Pelajaran
2016/2017.
Actions (login required)
|
View Item |