FATMAWATI, FATMAWATI
(2017)
IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN PANGGUNG 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajarandan patisipasi siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Panggug 1 Sampang tahun pelajaran 2016/2017.
Pemecahan rendahnya partisipasi siswa di kelas VI SDN Panggung 1
Sampang tahun pelajaran 2016/2017 adalah dengan penerapan metode tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya partisipasi siswa kelas VI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat. Penelitian ini, dilakukan dalam tiga siklus terhadap 40 siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi guru dan kolaborator. Analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil.
Peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa
Indonesia ini terlihat dari hal-hal sebagai berikut:
1. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sangat baik karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa terlibat aktif.
2. Frekuensi siswa yang bertanya sangat baik karena telah mencapai
kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa bertanya.
3. Siswa yang mampu mengajukan pendapat sangat baik karena telah
mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa mampu mengajukan pendapat.
4. Siswa yang mampu menjawab pertanyaan sangat baik karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu sebanyak 100% sudah sesuai dengan kriteria 100%.
Dengan demikian, implementasi metode tutor sebaya berhasil
meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Panggung 1 Sampang tahun pelajaran 2016/2017.
Actions (login required)
|
View Item |