IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN PANGGUNG 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FATMAWATI, FATMAWATI (2017) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN PANGGUNG 1 SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-170007_abstract.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-16028.html

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajarandan patisipasi siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Panggug 1 Sampang tahun pelajaran 2016/2017. Pemecahan rendahnya partisipasi siswa di kelas VI SDN Panggung 1 Sampang tahun pelajaran 2016/2017 adalah dengan penerapan metode tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya partisipasi siswa kelas VI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia meningkat. Penelitian ini, dilakukan dalam tiga siklus terhadap 40 siswa.Teknik pengumpulan data melalui observasi guru dan kolaborator. Analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil. Peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia ini terlihat dari hal-hal sebagai berikut: 1. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sangat baik karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa terlibat aktif. 2. Frekuensi siswa yang bertanya sangat baik karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa bertanya. 3. Siswa yang mampu mengajukan pendapat sangat baik karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa mampu mengajukan pendapat. 4. Siswa yang mampu menjawab pertanyaan sangat baik karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu sebanyak 100% sudah sesuai dengan kriteria 100%. Dengan demikian, implementasi metode tutor sebaya berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN Panggung 1 Sampang tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShodiq, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Thesis advisorAquariza, Novi RahmaniaNIDN0714118701novirahmania@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Siswa, Metode Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 24 Feb 2018 20:57
Last Modified: 12 Apr 2023 05:16
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item