HUBUNGAN POLA ASAH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL ANAK DI TK UNGGULAN DARUL MUNIR KELAMPIS BANGKALAN

CHOIRIYAH, NIKMATUL (2012) HUBUNGAN POLA ASAH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL ANAK DI TK UNGGULAN DARUL MUNIR KELAMPIS BANGKALAN. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT02184_abstract.pdf

Download (62kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7811.html

Abstract

Stimulasi orang tua sangat mempengaruhi perkembangan intelektual anak, namun kenyataannya ada orang tua yang beranggapan bahwa anak mereka setelah diserahkan kepada guru di sekolah maka berkuranglah kewajibannya untuk memberikan stimulasi kepada anak. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan pola asah orang tua dengan perkembangan intelektual anak di TK Ungggulan Darul Munir Kelampis Bangkalan. Desain penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah orang tua dan anak di TK Unggulan Darul Munir sebesar 24 pasang responden. Sampel diambil secara simple random sampling sebesar 23 pasang responden. Variabel independen adalah pola asah orang tua sedangkan variabel dependen adalah perkembangan intelektual anak. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan raport anak TK B. Data dianalisis menggunakan rank spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian dari 23 responden didapatkan pola asah orang tua sebagian besar (69,6%) adalah baik dan didapatkan perkembangan intelektual anak sebagian besar (60,9%) baik. Hasil uji rank spearman didapatkan α = 0,000 (α < 0,05) artinya ada hubungan pola asah Orang Tua dengan perkembangan intelektual anak di TK Unggulan Darul Munir Kelampis Bangkalan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik pola asah orang tua, perkembangan intelektual anak juga semakin baik. Pola asah yang sudah dilakukan oleh orang tua perlu di pertahankan, dengan pola asah yang baik dan berkesinambungan akan sangat membantu perkembangan intelektual anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: pola asah orang tua, perkembangan intelektual
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ125-145 Physiology of children and adolescents
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 01 Mar 2018 18:39
Last Modified: 01 Mar 2018 18:39
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item View Item