KHASANAH, MIFTAKHUL
(2017)
HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK KURNIA SIMOREJO KELURAHAN SIMOMULYO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pola Asuh yang diberikan orang tua terhadap anak pra sekolah sangat mempengaruhi perkembangan anak, jika pola asuh yang diberikan oleh orang tua baik maka akan berdampak baik bagi perkembangan anak, sebaliknya jika pola asuh yang diberikan pada anak salah makan akan terjadi keterlambatan perkembangan pada anak. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Kurnia Simorejo Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian analitik observasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang tua di TK Kurnia Simorejo Surabaya sebagian besar 56 orang. Sampel sebesar 49 responden yang diambil dengan cara menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua dan variabel dependen adalah perkembangan anak usia prasekolah. Data dianalisis dengan uji Chi Square α =
0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden (65,3%) mempunyai pola asuh yang baik dan hampir setengah dari responden (40,8%) mempunyai perkembangan yang normal. Analisis data dengan uji Chi-Square didapatkan nilai ρ = 0,015 < α = 0,05 sehingga H0 ditolak artinya ada hubungan pola asuh dengan perkembangan anak usia pra sekolah di TK Kurnia SimoRejo Kelurahan Simomulyo Surabaya.
Pola asuh orang tua berhubungan dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Kurnia Simorejo Kelurahan Simomulyo Surabaya. Untuk itu disarankan pada orang tua untuk memberikan pola asuh yang baik dan benar agar anak dapat melewati tugas perkembangan dengan tepat sesuai usianya.
Actions (login required)
|
View Item |